Laman

Rabu, 31 Maret 2010

Sistem operasi open source UBUNTU

Sebuah Sistem Operasi , mungkin itu adalah gambaran yang terbayang saat kita pertama kali memiliki suatu komputer (PC). Disaat itu kita harus segera menginstal sebuah sistem operasi pada PC agar kita bisa segera berinteraksi dengan PC kita .Tapi taukah kalian apa itu sistem operasi

Dalam ilmu komputer sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi
Sebagai perumpamaan jika sebuah sistem operasi komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lalu apakah tugas sistem operasi, sistem operasi bertugas untuk :
1Melakukan koordinasi berbagai perangkat keras untuk bekerja .
2Memberikan dukungan bagi perangkat lunak aplikasi untuk bekerja .
3Menyediakan program-program utilitas untuk meningkatkan kinerja komputer
Lalu bagaimana kita mendapatkan sebuah sistem operasi untuk pc yang baru kita beli tersebut, Menurut cara mendapatkannya ada 2 cara yaitu komersil atau membelinya dan open source atau gratis tetapi jika dikembangkan harus dengan kode sumber.Tetapi alangkah baiknya jika sebuah sistem operasi itu bebas karena bisa dimiliki dan dimanfaatkan oleh semua orang tanpa terbentur sisi komersil. Tetapi selain bebas kita juga harus memikirkan tentang siapa yang akan membackup dan mensupport sistem operasi yang kita gunakan .
Dan untuk hal ini terciptalah sebuah sistem operasi bernama “UBUNTU” , Ubuntu adalah distribusi distribusi Linux yang berdasarkan Debian GNU/Linux dan berkonsentrasi pada kegunaan,rilis jadwal,kemudahan instalasi dan kebebasan dari hukum pembajakan.Ubuntu digalang oleh Canonical Ltd, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di Eropa dan dipimpin oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth..Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to others” yang berarti “Kemanusian Untuk Sesama”, Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya lisensi,bersifat open source(kode terbuka ),dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi stabil .
Awal pengembangannya Ubuntu disebut no-name-yet.com , Ubuntu rilis pertama pada 20 Oktober 2004 (versi 4,10, mengikuti "Y. MM" standar) dimulai sebagai sementara cabang Debian GNU / Linux, dengan tujuan dari menggambarkan debian dari kode secara berkala agar memungkinkan untuk rilis Ubuntu versi baru yang akan diluncurkan setiap enam bulan, dalam langkah enam bulan dengan siklus rilis GNOME. Sebaliknya tujuan umum lainnya cabang Debian seperti Xandros, Linspire dan Libranet, Canonical tetap dekat dengan filosofi Debian yaitu Ubuntu dan menggunakan perangkat lunak bebas daripada dimasukkannya bagian aplikasi milik dari model bisnis mereka.
Tetapi bagaimanakah cara mereka mendapatkan pendapatkan untuk membiayai penelitian dan memberi dukungan untuk setiap Ubuntu yang mereka rilis. Dalam hal ini Canonical menciptakan pemasukan dengan menjual dukungan teknis dan dari menciptakan beberapa layanan yang berhubungan dengan Ubuntu. Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar adalah sebagai berikut :
1) Versi 4.10 (Warty Warthdog).
2) Versi 5.04 (Hoary Hedgedog).
3) Versi 5.10 (Breezy Badger).
4) Versi 6.06 (Drapper Drake).
5) Versi 6.10 (Edgy Eft).
6) Versi 7.04 (Feisty Fawn).
7) Versi 7.10 (Gutsy Gibbson)
8Versi 8.04 LTS (Hardy Heron)
9Versi 8.10 LTS (Intrepid Ibex)
10 Versi 9.04 (Jaunty Jackalope)
11Versi 9.10 (Karmic Koala)

Ada beberapa varian resmi Ubuntu yang tersedia, bersamaan dengan rilis dengan Ubuntu, karena paket yang diambil dari repositori yang sama. Mereka adalah:
Kubuntu yang menggunakan KDE sebagai ganti GNOME sebagai lingkungan desktop default.
Edubuntu, "dirancang untuk lingkungan sekolah, dan harus sama-sama cocok digunakan untuk anak-anak di rumah." .
Mungkin bagi sebagian orang nama Ubuntu masih terasa asing di telinga kita ,dan mereka belum bisa berpaling dari sistem operasi windows yang berbayar. Tetapi bagi kita yang saat ini sedang menuntut ilmu yang membutuhkan pengetahuan yang sangat luas Ubuntu bisa menjadi jalan keluar karena Ubuntu itu gratis dan bebas . Dan jika bisa alangkah baiknya jika setiap mahasiswa dan mahasiswi di jurusan ilmu komputer menggunakan sistem operasi ini,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar